Tips Nutrisi untuk Pekerja shift

Rabu, 15 Agustus 2012
Apakah Anda  bekerja shift? Jika demikian, Anda mungkin menemukan bahwa makan yang baik dapat menjadi tantangan nyata. Terutama pada shift malam ketika makanan yang tersedia hanya itu dan tidak ada pilihan lain. Namun makan yang sehat sangat penting untuk kondisi badan, baik di dalam atau di luar
pekerjaan. Berikut adalah info kesehatan dan gizi bagi pekerja shift.

Isu kesehatan yang mempengaruhi pekerja shiftMakan dengan baik dan aktif dapat membantu Anda menghindari atau mengatasi beberapa masalah kesehatan utama. Penelitian menunjukkan bahwa pekerja shift:
  • Beresiko terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke;
  • Sering merasa lelah atau bingung dan sulit tidur atau mendapatkan tidur yang baik. Kurang tidur kronis dikaitkan dengan kelebihan berat badan, risiko bagi kesehatan Anda, dan,
  • Mengalami masalah pencernaan lebih seperti sembelit, diare, mulas gas, dan gangguan pencernaan. Masalah ini dapat diperburuk oleh gizi buruk dan kurang olahraga, umum di antara pekerja shift.

Pergeseran pekerjaan dan giziShift kerja dapat mempengaruhi kesehatan Anda dengan mengganggu "jam tubuh internal Anda", yang dikenal sebagai ritme sirkadian, yang berfungsi untuk mengatur siklus sekitar 24 jam dari tubuh manusia. Kerja shift dapat membuang ritme sirkadian Anda pergi. Misalnya, jam biologis tubuh Anda memberitahu tubuh Anda menjadi terjaga di siang hari dan tidur saat itu gelap. Setelah bekerja sepanjang malam, Anda mungkin ingin pergi tidur hanya ketika tubuh Anda berpikir sudah waktunya untuk bangun!Proses pencernaan melambat di malam hari dan bermalam. Ketika ritme ini terganggu oleh kerja shift, apa yang Anda makan mungkin tidak sinkron dengan apa yang tubuh Anda mampu memproses. Lemak tidak akan dibersihkan dari aliran darah secara efisien dan gula darah tidak diatur dengan tepat. Itulah sebabnya beberapa jenis makanan yang Anda menoleransi baik pada siang hari dapat menyusahkan Anda jika Anda memiliki mereka larut malam.Gunakan tips-tips sederhana makan yang sehat untuk membantu Anda merasa besar dan tetap waspada di rumah dan di pekerjaan:Membawa makanan sehat dan makanan ringan di rumah akan membuat lebih mudah untuk makan dengan baik pada diri Anda. Sertakan berbagai makanan bergizi dari semua empat kelompok makanan di empat sehat lima sempurna.Nikmati banyak sayuran dan buah. Pilih produk susu rendah lemak seperti susu skim, 1% atau 2% dan yoghurt dan daging tanpa lemak dan alternatif seperti telur rebus atau selai kacang.


Hindari lemak tinggi, makanan yang digoreng atau manis. Untuk mencegah gangguan pencernaan atau 'mulas' mengkonsumsi makanan rendah lemak yang tidak digoreng atau terlalu pedas. Makanan tinggi gula dapat memberikan ledakan singkat energi, tetapi akhirnya dapat membuat Anda merasa lamban.Perhatikan porsi anda. Jika Anda bekerja shift Anda mungkin menemukan diri Anda makan makan besar dua kali, pertama di tempat kerja dan kemudian lagi di rumah. Hal ini dapat jumlah yang terlalu banyak kalori yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda berencana untuk menikmati makan besar setelah bekerja, cobalah memiliki makan ringan atau makanan ringan di tempat kerja untuk pasang engkau.Tetap terhidrasi. Minum banyak air dan cairan lainnya untuk mencegah dehidrasi, yang dapat membuat Anda merasa lelah. Ingat bahwa pada saat Anda merasa haus Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi. Simpanlah botol air dekat oleh dan minum secara teratur sepanjang pergeseran Anda.Makan makanan sesuai dengan waktu, tidak pergeseran Anda. Jika Anda mulai bekerja di sore hari, memiliki makanan utama Anda di tengah hari, bukan di tengah pergeseran Anda. Jika Anda bekerja malam, makan makanan utama Anda sebelum Anda mulai pergeseran, lebih disukai antara 5 hingga 7 malamMemiliki malam penjemputan. Sebuah snack dengan sedikit protein akan memberikan energi berkelanjutan larut malam ketika Anda mulai merasa lelah. Cobalah buah dengan sepotong kecil keju rendah lemak atau setengah bagel sebutir kecil utuh dengan selai kacang. Sebuah malam pick-up akan membantu membuat Anda waspada ketika tubuh Anda diprogram untuk tidur.Kurangi kafein. Kafein tetap di sistem anda selama delapan jam yang dapat membuat sulit untuk tertidur kemudian. Lebih baik untuk minuman berkafein telah sebelum atau awal pergeseran Anda. Bahkan lebih baik, beralih ke teh tanpa kafein atau kopi dan menikmati jus buah, susu rendah lemak atau air.Memiliki makanan ringan sebelum tidur. Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan tidak tidur terlalu penuh atau terlalu lapar. Sebuah snack karbohidrat ringan kaya seperti sereal gandum dengan buah atau roti gandum dan selai adalah pilihan yang baik.Tetap aktif. Beberapa latihan ringan sebelum atau di tengah-tengah pergeseran Anda akan memberi Anda energi untuk menyelesaikan perubahan Anda, meningkatkan mood Anda dan membantu Anda tidur lebih baik. Melakukan peregangan selama istirahat atau pergi untuk jalan cepat.Menjaga berat badan yang sehat. Sebuah berat badan yang sehat dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan penyakit jantung, diabetes dan bahkan beberapa jenis kanker. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.
 

©Copyright 2011 SBM Catering | TNB